Search This Blog

Thursday, September 1, 2011

Jawaban Studi Kasus Perusahaan Freeway Ford,jelaskan istilah-istilah sistem



Beberapa Bulan yang lalu ane mendapatkan tugas kul tentang studi kasus. Berhubung ane baik hati( nasis dikit) ane pengen share tugas kul ane syp tau ada agan2 yang lagi membutuhkan atau sekedar cari referensi,Langsung aja ne soal + jawabanya..

Studi Kasus Perusahaan Freeway Ford
Anda seorang wiraniaga Automobile Software Inc.Suatu perusahaan Internasional yang memasarkan suatu paket perangkat lunak yang digunakan oleh dealer mobil.Suatu hari selagi anda berbicara dengan James Kahler,manjer penjualan Freeway  Ford, Anda mengetahui bahwa Perusahaannya memiliki masalah dengan persediaannya.Catatan manual yang mereka buat tidak mencerminkan secara akurat status persediaan-jumlah dan jenis mobil dan truk dipelataran. Saat pengiriman baru tiba,diperlukan beberapa hari untuk memperbarui catatan persediaan.Seorang wiraniaga mungkin mendapatkan pembeli yang menginginkan suatu mobil tertentu,dan mungkin mobil tersebut baru diterima dan ada dipelataran,tetapi wiraniaga ini tidak dapat mengetahuinya. Sebuah penjualan gagal karena informasi yang buruk. Masalah lain timbul ketika dua wiraniaga menjual mobil yang sama kepada dua pembeli. Hal ini terjadi karena catatan persediaan tidak segera diperbarui setelah suatu penjualan.

           Anda tahu bahwa paket paket perangkat lunak anda ,yang  disebut SMART(Sales Management For Automobile Retail Trade),dapat memecahkan permasalahan ini.Dengan SMART, suatu dealer dapat memperbarui catatan komputernya begitu suatu pengirimantiba atau suatu penjualan terjadi,catatan komputer  selalu mencerminkan secara tepat apa yang terdapat dipelataran.Biaya perangkat lunak dan perangkat keras sangat terjangkau oleh suatu dealer mobil baru.
Langkah anda selanjutnya adalah mendekati direktur FREEWAY FORD yang baru ,Phil Rain,dan melancarkan penjualan.Saat anda menelpon Phil untuk menjelaskan produk Anda,Ia memotong pembicaraan anda dan berkata:”Dengar, Saya masih baru dalam jabatan ini. Saya baru mendapatkan MBA saya,dengan studi utama teori system. Jika Anda dpat menjelaskan bagaimana Produk Anda dapat membantu kami ,dalam istilah –istilah sistem,saya pikir saya dapat mengerti.Sekarang   Jelaskanlah!”
1.      Jelaskan dalam istilah-istilah sistem,bagaimana SMART dapat menguntungkan FREEWAY FORD !!.
2.      Bagaimana dampak yang timbul jika freeway ford masih menggunakan system manual?
3.      Pendekatan seperti apa yang anda lakukan untuk menyakinkan Phil supaya mau menggunakan SMART?
4.      Jika Direktur Freeway Ford “Phil” tidak cermat dan tidak hati-hati dalam memecahkan masalah dan mengambil keputusan. Apa yang akan terjadi pada perusahaannya?.

Jawaban:
1.      Jelaskan dalam istilah-istilah sistem,bagaimana SMART dapat menguntungkan                                   FREEWAY FORD !! 

     Pertama saya akan Memperkenalakan apa itu SMART.SMART atau Sales Manag- ement For Automobile Retail Trade adalah suatu Software/Aplikasi yang handal untuk menangani persediaan barang dagang di perusahan dealer mobil.
Dalam sebuah perusahaan untuk menunjang proses bisnisnya diperlukan sebuah system yang baik, saya akan menjelaskan dalam istilah system bagaimana SMART dapat menguntungkan freeway ford,aplikasi SMART adalah termasuk kedalam System Informasi Berbasis Komputer(SIBK) atau Computer Based  Information System (CBIS) merupakan suatu sistem pengolah data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dipergunakan untuk suatu alat bantu pengambilan keputusan.Sistem Informasi “Berbasis Komputer” mengandung arti bahwa komputer memainkan peranan penting dalam sebuah sistem pembangkit informasi. Dengan integrasi yang dimiliki antar subsistemnya, sistem informasi akan mampu menyediakan informasi yang berkualitas, tepat, cepat dan akurat sesuai dengan manajemen yang membutuhkannya. Sistem Informasi yang akurat dan efektif, dalam kenyataannya selalu berhubungan dengan istilah “computer-based” atau pengolahan informasi yang berbasis pada komputer. Agar suatu perusahaan dapat bersaing dengan perusahaan lain dalam memperkenalkan produk barang maupun jasa yang dimilikinya kepada konsumen diberbagai belahan dunia, maka dibutuhkan suatu sistem informasi yang tepat agar dapat memberikan petunjuk aktual tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh setiap komponen dalam perusahaan tersebut. Sistem informasi yang tepat, tentunya akan menghasilkan informasi yang cepat, akurat dan dapat dipercaya. Informasi yang cepat, akurat dan dapat dipercaya tersebut sangat diperlukan dalam rangka pengambilan keputusan keputusan strategis perusahaan untuk dapat semakin maju dan bersaing di lingkungan yang penuh gejolak ini. Penerapan Sistem Informasi Akuntansi (SIA) berbasis komputer misalnya, merupakan salah satu alternative  jawaban yang tepat jika pihak manajemen menginginkan suatu sumber informasi yang dapat menghasilkan masukan sesuai yang diinginkan.
Jadi Sudah pasti software SMART adalah yang cocok untuk mengatasi permasalahan di peru- sahaan freeway ford Karena Mencakup semua aspek yang terdapat didalam Sistem Informasi Berbasis Komputer(SIBK).
Adapun keuntungan menggunakan SMART diantaranya:
1.      mempermudah dalam pencatatan didalam perusahaan
2.      dapat diakses secara cepat
3.      data bisa diperbaharui dengan cepat jika terjadi kesalahan dalam penulisan
4.      menyediakan informasi persediaan yang cepat sehingga memudahkan penjualan
5.      dapat begitu cepat mengetahui persediaan barang yang akan dijual dan masih banyak lagi keuntungan-keuntungan menggunakan Aplikasi SMART

2.      Dampak-dampak yang timbul jika Freeway ford Masih menggunakan System Manual adalah sebagai berikut :
Pada era globalisasi ini apabila suatu system Perusahaan  masih dilakukan secara manual sangat tidak efektif dan efisien karena persaingan bisnis saat ini menuntut adanya alat bantu atau system pekerjaan yang mudah, cepat,tepat,akurat dan efesien.Maka apabila Perusahaan Freeway ford masih menggunakan system yang manual akan mengalami dampak-dampak sebagai berikut :
1.      Data-data yang tersimpan tidak akurat
2.      Butuh waktu yang lama untuk mengetahui informasi persediaan barang
3.      Sering terjadi kesalahan dalam pencatatan
4.      Memungkinkan kehilangan data-data
5.      memerlukan waktu yang lama untuk memperbaharui catatan persediaan barang setelah terjadi penjualan barang
6.      Tidak bisa mengetahui Informasi Persediaan barang secara cepat saat dibutuhkan
7.      Sering terjadi kegagalan Penjualan karena Lamanya memperbaharui catatan persediaan setelah terjadi penjualan.
8.      Memerlukan waktu yang lama dalam membuat laporan,
9.      Tidak Maksimal dalam memperoleh laba perusahaan.
10.  perusahaan tidak mempunyai daya saing yang handal dalam segi pemanfaatan kemajuan teknologi informasi.

3.      Pendekatan seperti apa yang anda lakukan untuk menyakinkan Phil supaya mau menggunakan SMART?

PendekatanUntuk meny akinkan Phil Supaya mau menggunakan SMART.Saya akan  Melakukan pendekatan Komunikasi Persuasi.
Pendekatan Komunikasi persuasi adalah Proses komunikasi yang bertujuan mempengaruhi pemikiran dan pendapat orang lain agar menyesuaikan pendapat dan keinginan komunikator. Proses komunikasi yang mengajak atau membujuk orang lain dengan tujuan mengubah sikap, keyakinan dan pendapat sesuai keinginan komunikator. Pada definisi ini ‘ajakan’ atau ‘bujukan’ adalah tanpa unsur ancaman/ paksaan.
Menurut Burgon & Huffner (2002), terdapat beberapa pendekatan yang dapat dilakukan agar komunikasi persuasi menjadi lebih efektif. Maksudnya lebih efektif yaitu agar lebih berkesan dalam mempengaruhi orang lain. Beberapa pendekatan itu antaranya;
Pendekatan berdasarkan bukti, yaitu mengungkapkan data atau fakta yang terjadi sebaga bukti argumentatif agar berkesan lebih kuat terhadap ajakan.
Untuk Menyakinkan Phil saya akan Menggunakan Pendekatan ini Saya akan memberikan atau menunjukan  bukti-bukti Keuntungan menggunakan  Aplikasi SMART  kepada Direktur Freeway Ford “Phil”.


NB: Yang ngopy jgn lupa tinggalin comentnya...hee.. 


16 comments:

thankkk bnget,smw tgs q lngkp d sni...

Thank's ya,,,,jawaban kamu bantu aku banget

THANKS GAN,.. TUGAS AKHIRNYA KELAR !

=)
THANKS KK untuk jawabannya, tinggal aku share lg buat teman2ku.
=D

terimakasih atas jawabannya, sangat membatuuu :D

Makasih jwban nya ngebantu banget

Makasih,, sangat membantu 😄😄

Thanks, dunia jadi cerah kembali setelah nemu postinngan kamu gan. wkwk


Hahaha... Terima kasih banyak bro...
Ngebantu banget inih, kereeen...

Terimakasih,ini sangat membantu saya ��

terima kasih sangat membantu. tetapi untuk jawaban nomer 4 nya dimana ya?

terimakasih kak sangat membantu..

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...